5 Cara Mengelola Keuangan Salon untuk Pemula

Kecantikan bukan sesuatu yang abadi, tetapi perawatan yang baik bisa menjaga kecantikan terjaga sampai usia tua. Tidak heran bila kaum Hawa rela melakukan perawatan mahal di salon dan klinik kecantikan demi mendapatkan impian tampil cantik. Bila Anda suka tampil cantik kapan saja, kenapa tidak mencoba mendulang rupiah dari bisnis ini? Setidaknya Anda sudah punya passion di bidang kecantikan, tinggal perencanaan modal dan meningkatkan skill saja. Lewat aplikasi salon kekinian, pengelolaan usaha salon bisa lebih mudah bagi pemula.

Poin Penting Mengelola Pembukuan Salon Sederhana

Bila Anda membuka bisnis salon rumahan dengan modal terbatas, maka bisa memakai sistem pembukuan keuangan yang sederhana. Berikut beberapa poin penting dalam mengelola pembukuan keuangan salon sederhana yang bisa Anda terapkan yaitu :

Mencatat arus kas masuk dan keluar

Langkah pertama dalam sistem pembukuan sederhana untuk setiap toko atau layanan jasa kelas kecil adalah mencatat arus kas masuk dan keluar setiap hari. Arus kas masuk tidak hanya dari pelayanan jasa perawatan salon, misalnya biaya potong rambut, biaya jasa creambath, jasa smoothing, dan lain-lain, tetapi kas masuk dari penjualan produk kecantikan.

Pencatatan sistem inventory produk

Catat persediaan produk dengan baik guna melihat ketersediaan produk yang mulai menipis, produk yang mendekati masa kedaluwarsa dan belum terpakai, produk yang memiliki angka permintaan tinggi, dan lain-lain. Bila Anda menjual produk make up pun, harus ada pencatatan sendiri yang lebih spesifik. Salon kecantikan yang melayani jasa make up bisa menghasilkan lebih banyak uang, asal Anda memang punya skill MUA atau mampu merekrut karyawan dengan jenis keahlian yang relevan.

Pencatatan gaji karyawan

Jangan lupa untuk mencatat gaji karyawan dengan penghitungan yang benar baik bulanan atau harian. Metode penggajian karyawan di bidang jasa harus memperhatikan jam kerja, upah lembur dan kinerja yang bagus. Pencatatan gaji manual memang lebih ribet sehingga Anda perlu software klinik kecantikan yang memudahkan mengelola gaji karyawan dengan sistem otomatis yang praktis.

Biaya operasional salon

Selain memperhatikan poin-poin penting di atas, Anda harus memiliki perencanaan dan pencatatan keuangan untuk biaya operasional salon. Bagaimana dengan biaya sewa tempat bulanan, biaya listrik, biaya pergantian peralatan salon yang rusak, dan lain-lain harus dipertimbangkan secara matang. Pencatatan keuangan yang bagus bisa menjadi evaluasi Anda untuk mengetahui perkembangan salon, misalnya omzet sesuai dengan pengeluaran bulanan yang besar.

Biaya pemasaran

Di era digital seperti sekarang, pemasaran salon bisa dilakukan secara online yang lebih praktis dan hemat. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengabaikan pemasaran offline yang tidak kalah menciptakan peluang yang tidak terjamah internet.

Anda perlu pencatatan biaya pemasaran dan penjualan mulai menyewa jasa konten kreator di media sosial, jasa influencer, biaya iklan offline di media cetak atau radio, selebaran, dan lain-lain. Tidak ada salahnya menentukan prosentase biaya pemasaran dan iklan sesuai dengan hasil penjualan jasa salon, misalnya 5-10 persen dari nilai omzet.

Untuk meminimalisir biaya SDM yang mengelola pembukuan salon dengan tingkat kesalahan pencatatan dan penghitungan manual yang merugikan perusahaan, Anda bisa memilih pakai aplikasi salon dari Zenwel. Sebagai software reservasi online nomor satu di Indonesia, Zenwel memiliki fitur manajemen usaha yang baik.

Anda bisa mengelola semua data penjualan, data pembukuan, data inventory, bahkan pengelolaan gaji karyawan dengan satu aplikasi saja. Minimalisir risiko kesalahan pembukuan dengan sistem akuntansi yang otomatis bila Anda memakai aplikasi salon kekinian ini. Tunggu apa lagi, daftar sekarang untuk menikmati setiap fitur terbaik yang ditawarkan Zenwel baik gratisan atau premium dengan biaya langganan termurah! Yakin tidak ingin meningkatkan inovasi manajemen keuangan usaha jasa Anda mulai sekarang?

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.