Ciri Covid Tongue, Gejala Baru Covid-19, Virus Pengaruhi Sensasi Rasa Pada Lidah

Sekarang muncul beragam gejala penyakit yang disebabkan virus SARS Cov 2. Covid Tongue salah satunya. Apakah itu? Yuk simak artikel ini. Jika sebelumnya, gejala infeksi virus corona berdasarkan temuan peneliti hanyalah batuk persisten, pilek, dan kesulitan bernapas. Kini ada gejala baru covid 19, sebagai akibat bermutasinya corona menjadi virus virus baru. Meskipun masih terbilang Covid 19, tapi beberapa kejadian infeksi menghasilkan gejala yang berbeda beda.

Salah satu gejala baru yaitu Covid Tongue. Gejala ini disebut menyerupai sariawan. Covid Tongue menjadi salah satu gejala baru yang dijumpai pada sejumlah pasien terkonfirmasi positif Covid 19.

Lanats, seperti apa ciri ciri covid tongue? Apa bedanya dengan sariawan? Melansir laman UGM, Jumat (29/1/2021), Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, dan Kepala Leher (THT KL) Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Anton Sony Wibowo, Sp.T.H.T.K.L., M.Sc., FICS., memberikan penjelasan. Dikatakan, Covid Tongue merupakan peristiwa terjadinya perubahan karakteristik lidah. Perubahan tersebut antara lain perubahan:

1. warna 2. bentuk 3. kondisi permukaan lidah

4. serta perubahan rasa nyeri pada pasien terinfeksi Covid 19 Atau ada perubahan warna lidah, bentuk permukaan lidah, derajat sensitivitas lidah, dan gambaran selaput permukaan lidah. "Manifestasinya memang beragam bisa seperti pecah pecah, herpes pada lidah, maupun jamur pada lidah, namun belum bisa disimpulkan secara spesifik," ujarnya.

Dikatakan, saat ini belum banyak data terkait Covid Tongue. Beberapa penelitian di luar negeri masih terbatas pada laporan kasus dan penelitian retrospektif menunjukkan adanya perubahan pada lidah yang signifikan. Dari satu laporan penelitian retrospektif di China diketahui munculnya Covid Tongue memiliki karakteristik berbeda pada pasien Covid 19 dengan gejala ringan hingga sedang, dan berat.

Gejala Covid Tongue yang lain: 1. Pada gejala yang ringan hingga sedang warna lidah cenderung merah dengan permukaan putih. 2. Sedangkan pada pasien Covid 19 gejala berat warna lidah cenderung pucat dengan permukaan kekuningan.

3. Disamping itu, turut disertai dengan rasa nyeri pada pasien dengan gejala sedang hingga berat. "Laporan penelitian ini perlu ditambahkan dengan penelitian lain yang lebih kuat evidencenya karena penelitian terkait Covid Tongue belum banyak dilakukan," imbuhnya. Selain itu, menurut dr. Anton yang juga Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Covid Tounge juga menyebabkan perubahan sensasi perasa lidah/dysgesia. Kondisi ini menunjukkan adanya perubahan pencecapan pasien.

Adapun efek sampingnya, menurut Anton ialah rasa nyeri pada lidah yang timbul akibat Covid Tongue ini akan memengaruhi nafsu makan pasien Covid 19. "Sedangkan untuk pengobatannya secara umum harus dilakukan pengobatan covid sesuai standar dan menjaga kebersihan rongga mulut," tandasnya. Lakukan Ini Jika Muncul Bercak Pada Lidah Meski bisa menandakan Covid 19, namun ada banyak hal yang juga berpotensi memicu munculnya bercak bercak di lidah.

Kondisi semacam ini juga bisa dialami oleh penderita sariawan biasa, herpes, atau lidah geografik. Jadi, hanya karena muncul bercak bercak atau luka mirip sariawan di lidah bukan berarti Anda positif Covid 19. Jika mengalami sakit atau muncul bercak bercak pada lidah, lembaga nasional kesehatan Inggris (NHS) menyarankan kita untuk melakukan tips berikut: 1. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikat gigi sikat lidah

2. Gunakan pengikis untuk membantu menghilangkan bercak pada lidah 3. Gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman dingin konsumsi paracetamol atau ibuprofen 4. Gejala terinfeksi virus corona berupa Covid tongue juga bisa menyebabkan infeksi serius di mulut.

Namun, sebenarnya gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Akan tetapi, jika Anda mengalami covid tongue bersama dengan gejala lain dari Covid 19, segera periksakan diri ke dokter. Anda juga perlu melakukan isolasi mandiri dan melakukan tindakan pencegahan sampai benar benar dipastikan bahwa Anda tidak terinfeksi Covid 19. (I

Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *