Jasa Desain Rumah, 4 Tips DIY Desain Interior

Desain rumah menyangkut bentuk fisik luar dan tatanan dalam rumah. Jasa desain rumah hadir membantu anda menciptakan rumah indah  sesuai impian. Lalu bagaimana dengan interiornya?

Konsep DIY (do it yourself) bisa menjadi pilihan dalam mendesain bagian dalam rumah. Apa saja tips sederhana agar interior anda tampil berkelas dan sesuai dengan selera pribadi anda? Berikut ulasannya.

Jasa Desain Rumah, 4 Tips DIY Desain Interior

Jasa desain rumah akan mewujudkan rumah yang sesuai dengan angan-angan selama ini. Selanjutnya adalah mendesain isian rumah dengan konsep DIY. Inspirasinya bisa ditemui di berbagai website atau majalah interior desain.

4 tips desain interior DIY,  melansir Freshome/MyMove adalah berikut ini.

Tentukan style desain

Inspirasi dari website-website, majalah dan foto-foto akan mengerucutkan selera anda pada satu tema desain serupa. Atau jika pun bukan tema yang sama tapi ada kesamaan lain yang merupakan ciri khas yang selama ini tidak disadari.

Tentukan ciri khas tersebut sebagai panduan bagi menata interior design rumah anda sendiri. Siapa akan mengira justru keunikan ciri khas tersebut mungkin akan memperlihatkan kesan spesial.

Skema tiga warna

Tiga warna dalam hal ini bukan harus tiga warna berbeda. Bisa saja hanya satu warna tapi dalam tiga spektrum berbeda.

Misalnya cokelat gelap, cokelat muda dan cokelat bata. Pilih cokelat muda untuk dinding yang mendominasi. Cokelat bata untuk furnitur, dan cokelat gelap untuk pernak pernik yang melengkapi ruangan. Misalnya vas, pigura foto, bantal sofa, dll.

Texture pengungkap rasa

Sarung bantal berbahan satin dan berbahan beludru akan menimbulkan kesan berbeda. Karpet tebal dan tipis akan mengisyaratkan hal yang tak sama.

Tekstur memang dimaksudkan untuk membuat penggunanya merasakan hal tertentu, bahkan saat belum disentuh. Seperti kursi dari bambu akan menimbulkan nuansa kampung yang nyaman, beda dengan kursi sofa yang modern dan hangat.

 

Perlengkap dengan furnitur besar

Desain DIY sebenarnya adalah mengenai ciri khas personal. Banyak kesalahan terjadi terutama pada rumah minimalis yang dilengkapi dengan furnitur kecil yang kurang menjelaskan siapa penghuninya.

Rahasia dari desain interior yang memikat adalah mengenai keseimbangan. Isian ruangan yang menghindari ukuran besar, akan membuatnya terlihat seperti kumpulan benda-benda yang bertebaran tanpa konsep.

Memilih satu furnitur besar bisa sofa, meja, lemari, dsb, akan membuat pernyataan mengenai tema ruangan tersebut. Pilihlah yang cukup dominan, tapi tidak membuat ruang terlihat sesak.

Jasa desain rumah akan membuat tidak perlu lagi memusingkan masalah fisik calon rumah anda. Anda tinggal membayangkan dan mempelajari bagaimana mengisi bagian dalamnya nanti.

 

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *